-->

Cari Blog Ini

Danmachi Sword Oratoria Vol 12 Bab 1

Bab 1
Harga Dari Kekalahan


Kenapa dia harus mati? Hanya itu yang bisa ia pikirkan. Hanya itu yang terus ia tanyakan pada dirinya sendiri.

Tapi tak ada jawaban dalam pikirannya yang suram, yang telah menjadi gurun yang sunyi. Tak ada jawaban, bahkan ketika ia memohon dengan akal sehat, yang telah membeku, menawarkan jawaban sebanyak yang bisa diberikan oleh dinding es.

Dia tidak dipenuhi dengan kemarahan, juga tidak dipenuhi dengan kesedihan. Hanya ada warna putih.

Kepala dan hatinya berwarna putih———salju abu menutupi segalanya, membuat semua batasan menghilang. Di manakah emosinya berakhir? Di mana pikirannya dimulai? Apa itu rasa sakit? Dan apa itu bukan?

Dia tidak bisa mengerti. Dia tidak bisa bergerak. Dia tidak bisa melakukan apa-apa. Dalam bidang putih yang tak terbatas itu, kenangan yang terkubur di bawah abu berkelap-kelip seperti permata.

“Kalau begitu aku akan melindungimu. Aku tidak akan membiarkanmu mati—bahkan jika itu hanya dirimu.”

Hatinya yang lelah mencoba menolak adegan ini—untuk menghentikannya agar tidak terulang lagi.

Tetapi itu tidak akan berhenti. Detail-detail yang tak terlarang melintas di depan matanya: Suaranya. Gerak-geriknya. Kehangatan tubuhnya.

“Setelah semua ini selesai, kita akan pergi. Aku berjanji.”

Janji yang dilanggar. Dan akhirnya, senyumnya.

“...”

Sebuah air mata jatuh dari mata safirnya. Meskipun ia sudah menangis sampai ia berpikir bahwa ia tidak bisa menangis lagi, air matanya tidak berhenti.

Meskipun ia telah melolong kesakitan, namun cadangan air matanya belum mengering.

Seolah-olah tubuhnya telah menjadi mata air peri, bergelegak dengan air. Setiap kali riak menyapu permukaan air yang biru tua, Lefiya kembali diliputi kesedihan.

“———,———.” 

Ia bisa merasakan seseorang berdiri di depannya, mencoba mengatakan sesuatu. Tetapi Lefiya tidak bisa menangkap kata-kata yang tak terucapkan itu. Hatinya yang hancur tidak bisa memproses apa pun.

Yang ia lakukan hanyalah menggerakkan bibirnya yang kering dan membisikkan satu nama.

“Filvis-san...”


*


“Lefiya...”

Dengan suara yang diwarnai dengan kesedihan, Aiz memanggil namanya sekali lagi. Tapi tidak ada jawaban. Ia terus membungkuk, menangis, meringkuk di lantai seperti boneka dengan senar yang putus.

Mereka berada di kamar Lefiya di rumah Loki Familia.

Gadis elf itu diam-diam terisak di dalam ruangan yang awalnya diperuntukkan bagi dua orang.

Singkat kata, dia tampak menyedihkan. Tidak ada yang menyerupai ekspresi di wajahnya, yang telah terkunci di tempatnya saat meneteskan anak sungai air mata.

Bibirnya yang kering nyaris tidak bisa dibuka, dan dari waktu ke waktu, dia membisikkan nama temannya yang sudah tidak ada lagi——seperti kotak musik yang rusak. Dia hampir seperti pahatan alabaster dengan jiwa yang tertanam, kesedihan bocor keluar dalam air mata yang tidak material.

Baru 5 hari sejak Aiz muncul dari kamarnya sendiri setelah mempertanyakan dirinya sendiri dalam isolasi yang mendalam. Tapi itu berbeda dengan apa yang terjadi dengan Lefiya... karena Aiz telah mundur ke dalam dirinya sendiri berdasarkan konflik internalnya, sementara Lefiya telah dihancurkan dari luar. Temannya yang berharga, Filvis Challia, telah diambil darinya.

“Lefiya! Lefiyaaa! Aku mohon padamu tatap aku...! Tersenyumlah seperti yang selalu kau lakukan...!” pinta teman sekamar Lefiya, Elfie, sambil menangis.

Matanya bengkak dan mentah karena air mata, dan suaranya sudah serak. Selama beberapa hari terakhir, ia telah menempel dekat dengan Lefiya.

Tidak ada yang dikatakan Tiona atau Tione yang berhasil. Bahkan Riveria pun tak bisa menghubunginya.

Saat ini, hanya ada 3 orang di ruangan itu. Karena mereka tidak bisa berada di sisi Lefiya sepanjang waktu, mereka akan mampir pada saat-saat senggang mereka, namun tidak ada yang bisa mengembalikan semangat apapun pada suaranya. Mereka hanya tidak tahu apa yang harus dikatakan kepadanya dalam situasi ini.

Dia telah menyaksikan leher temannya patah tepat di depan matanya—dimakan oleh monster, dipotong. Bagi seorang gadis dengan hati yang lembut, itu adalah pukulan yang terlalu kejam.

Tapi di balik kekhawatiran mereka, mereka tahu dia telah hancur. Para petualang tingkat pertama semuanya dengan tenang mencapai kesimpulan yang sama: Lefiya Viridis tidak bisa dipulihkan.

“Tegarlah! Balaskan dendam!” Ini adalah kata-kata yang tidak akan pernah bisa mereka ucapkan.

Tidak mungkin mereka bisa menyalakan api hitam itu dan menambahkan kayu bakar ke dalamnya. Aiz tahu apa yang terjadi pada mereka yang dibakar oleh api hitam itu, itulah sebabnya ia tidak bisa membawa dirinya untuk mendorong gadis itu ke dalam lautan api neraka itu.

“Aiiiiz! Lefiya... tidak akan...!”

“...”

Elfie meratap saat ia berpegangan pada Aiz, membenamkan wajahnya di bahu Aiz. Dan Aiz tidak bisa berbuat apa-apa selain mendukungnya. Tanpa menangis, yang bisa ia lakukan hanyalah memeluk Elfie sambil menangis untuk mereka berdua.

Dia mengalihkan pandangannya, merasa sangat tak berdaya.

Aiz dengan lembut mengulurkan tangan dan mencengkeram tangan Lefiya, tapi elf itu tetap kosong seperti boneka yang rusak.


*


“K-kalian...”

Raul berdiri diam, tenggelam dalam pikirannya. Tidak ada yang bisa dia lakukan tentang situasi yang berlangsung di depan matanya.

Di kantin manor, para anggota Loki Familia semuanya diam, secara kolektif berkabung, seolah-olah mereka sedang menghadiri pemakaman. Kafetaria biasanya penuh dengan keceriaan, tapi aula itu menjadi sunyi, seolah-olah suara itu sendiri telah dicuri. Itu luar biasa, mengirimkan getaran ke tulang belakang Raul.

“...Gh.” Salah satu dari mereka yang hadir adalah Anakity, si kucing dengan rambut hitam.

Ekspresinya mengatakan kalau ia membenci waktu istirahat yang diberikan kepadanya. Dia lebih suka mengabdikan dirinya untuk beberapa tugas yang tidak berarti, tidak memberinya waktu untuk memikirkan pikirannya. Menyadari kesedihan di wajah rekannya yang cantik, Raul mulai mengatakan sesuatu, tapi kata-kata yang tepat tidak pernah datang kepadanya.

Dia sudah tahu apa yang mengganggunya: pelarian mereka dari Knossos tempo hari. Bukan karena mereka telah kalah atau jatuh pada tipu daya musuh mereka. Itu adalah bahwa seluruh papan catur itu sendiri telah dibalik pada mereka.

Jalan menuju kemenangan yang mereka ikuti benar-benar lenyap dari bawah mereka.

Itu adalah peristiwa yang belum pernah dialami oleh salah satu faksi terkuat di kota, Loki Familia. Karena putus asa untuk tetap hidup, mereka telah menyaksikan teman-teman mereka mati mengemis bantuan dengan tangan terulur—anggota Dionysus Familia yang malang.

Karena mereka berpaling untuk menyelamatkan diri mereka sendiri, seluruh faksi yang terdiri dari lebih dari 80 petualang telah dimusnahkan.

“K-kalian...”

Raul kecewa pada dirinya sendiri karena terus merintih hal yang sama. Di masa lalu, dialah yang selalu membodohi dirinya sendiri, dan teman-temannya di Loki Familia adalah yang memanggilnya, membantunya kembali berdiri.

Di satu sisi, tingkah Raul yang memalukan menjaga keseimbangan dan keharmonisan orang-orang di sekitarnya. Ini adalah kontribusinya yang unik, karisma yang tidak disengaja yang ia bawa ke dalam kelompok sebagai manusia yang membosankan. Dalam setiap situasi yang mengerikan, pemandangan Raul Nord kecil yang malang membantu anggota familia yang lain untuk santai dan tersenyum, karena tahu bahwa segala sesuatu entah bagaimana akan berjalan dengan baik.

Ia merasa malu dengan kebencian dan kemarahan dirinya, kegelisahan, kebingungan, ketakutan akan semuanya. Tapi dia berhasil mengatasinya, meskipun usaha itu menyebabkan dadanya sakit dan membuatnya ingin merobek kulitnya sendiri. Karena hanya dia yang jatuh, Raul selalu berhasil berdiri kembali. Ia tahu dirinya sendiri dengan baik. Itulah sebabnya ia bisa menggertakkan giginya, menahannya, dan tetap menegakkan kepalanya.

Tapi sekarang...

Raul tidak memiliki rencana untuk menyapa teman-temannya yang kepalanya tetap tertunduk—karena dia sendiri tidak berada di sana untuk menyaksikan hal ini. Dia tidak terlibat dalam pilihan tragis mereka untuk mengorbankan orang lain agar bisa tetap hidup.

Untuk mengamankan jalur pelarian keluar dari Knossos, Raul bergerak untuk menopang gerbang yang terhubung ke Dungeon dengan timnya. Semua yang dia lakukan adalah segera menutup pintu orichalcum begitu teman-temannya yang melarikan diri berhasil keluar ke Dungeon... untuk menghentikan gelombang daging hijau yang mendekat pada mereka.

Dia tidak bisa berbagi beban mereka———apalagi menghapusnya. Dia tidak bisa menginspirasi mereka seperti Finn dan yang lainnya. Raul hanya bisa terlihat menyedihkan saat ia mengutuk ketidakmampuannya sendiri.

“Kalian masih berkubang?” bentak seseorang, kesal, memotong keheningan yang menggantung di ruangan itu.

Ketika dia menjentikkan lehernya dengan terkejut, Raul melihat satu manusia serigala memasuki aula.

“B-Bete...”

Ia pasti datang untuk mendapatkan makanan. Jelas sekali bahwa ia tak mengharapkan makanan yang akan disajikan, ia menerobos kafetaria menuju dapur tempat bahan-bahan makanan disimpan. Ia mencemooh saat ia melirik ke arah anggota familia, yang gemetar karena terkejut.

Raul buru-buru mengikutinya. “B-Bete, kamu baik-baik saja...?”

Kau tidak tertekan? Bukankah ini sulit dilupakan? Raul diam-diam bertanya pada Bete, mendapati dirinya tertarik pada manusia serigala itu karena dorongan untuk berpegang teguh pada apa pun dan segala sesuatu dalam keputusasaan. Raul mungkin berharap dia akan bisa melakukan sesuatu dengan kekuatan petualang tingkat pertama.

“Sudah ludahkan saja! Jika ada sesuatu yang ingin kau katakan, katakanlah di depanku!”

“Eh?!”

Bete tampak sama seperti biasanya. Dia kasar dan kasar, seolah-olah tidak ada yang berubah. Tetapi pada saat ini, remah-remah kenormalan ini meyakinkan.

“...Jika kalian belum selesai mengasihani diri sendiri, maka teruslah berkubang lagi.”

“...Apa?”

Itulah sebabnya komentar terakhir itu mengejutkan Raul. Bete tidak mendengus atau mencibir, meskipun ia adalah orang yang meremehkan dan menyerang secara verbal siapa pun yang dianggapnya lemah. Di satu sisi, ia mengabaikan perilaku mereka, untuk saat ini.

“B-Bete, ada apa...? Apa kau makan sesuatu yang aneh...?”

Siluman serigala itu tidak melepaskan semburan caci maki—atau bahkan teriakan marah. Itu membuat Raul merasa seperti dia bertemu dengan monster yang sedang melakukan handstand atau semacamnya.

Seolah-olah dia mulai kesal dengan tatapan Raul yang mengendur, Bete menjentikkan lidahnya dengan jengkel. “Ini sama saja bagiku. Kau butuh waktu untuk mendinginkan kepalamu.”

“Apa...?”

“Sampaikan saja keluhan-keluhan tanpa perasaan sampai tiba waktunya.”

Saat itulah Raul menyadari sesuatu: Bete menjadi penonton, seperti dia, mengamankan salah satu bagian lain ke Knossos. Dia frustrasi mengingat kekalahan dan pelarian mereka, tapi dia masih bisa mengendalikan emosinya dan bergerak maju.

“‘Sampai tiba waktunya’...?” Raul mengulangi kata-kata itu tanpa bermaksud demikian.

Akhirnya, manusia serigala itu mendengus. “Sementara kalian berkubang dalam kesengsaraan kalian sendiri, kru Finn bergerak menggantikan kalian.”


*


“Beri aku informasi terbaru tentang situasinya.”

Bete benar. Di kantor eksekutif, Finn sedang meneliti informasi dengan Riveria dan Gareth, memenuhi harapan manusia serigala itu, dengan sungguh-sungguh dan tegas.

“Kita tahu bahwa anggota Dionysus Familia adalah satu-satunya yang menderita korban langsung. Kita tidak mengalami kerugian yang sangat signifikan, begitu pula Hermes Familia,” kata Riveria.

“Ya, tapi jelas, moral akan turun. Mereka selamat dari insiden ini dengan berpaling dari sesama petualang. Ini akan mengubah mereka,” tambah Gareth.

Finn diam-diam mendengarkan laporan mereka tanpa penyesalan, kebencian, atau kesedihan mental yang terlihat mewarnai wajahnya. Pahlawan prum itu ditugaskan untuk memimpin Loki Familia dan seluruh aliansi faksi mereka, yang berarti dia harus lebih tabah daripada siapa pun. Dia harus mengendalikan diri dan memberikan contoh kepada orang-orang di bawahnya. Dan Finn berada dalam kondisi pikiran untuk melakukannya.

Aku terkejut bahwa pertemuan kebetulan dengan Xenos ini telah mengubah hatiku menjadi sekuat baja, Finn dalam hati menganalisis. Apakah ini pertumbuhan yang dibicarakan Loki? Dia hampir mencemooh dengan keras.

Tentu saja, ia merasakan kewajiban, frustrasi, dan penyesalan. Namun, setelah mengesampingkan semua itu, ia juga merasakan keinginan untuk menghadapi pertempuran yang akan datang secara langsung. Sebagai pria yang dipanggil Braver, ia memahami hal terpenting yang harus ia capai saat ini.

Mereka perlu memutuskan arah apa yang akan diambil familia. Prioritas utama adalah menyusun rencana untuk serangan kedua yang telah ia perkirakan akan mereka butuhkan. Selain itu, mereka juga harus memikirkan cara untuk memacu semangat familia setelah moralnya mengalami pukulan yang begitu dahsyat.

“Dan kondisi di Knossos?”

“Ganesha Familia memimpin upaya untuk menghilangkan daging hijau yang memenuhi labirin. Kami juga telah mengirim beberapa orang kami bersama mereka, tapi...” Gareth terhenti.

“Kemajuannya lebih lambat dari yang diharapkan. Dagingnya menyerang seolah-olah memiliki kehendaknya sendiri,” Riveria menyelesaikannya, melanjutkan dari tempat yang ditinggalkan kurcaci itu.

Finn kembali berpikir.

Serangan pertama diperlukan untuk membersihkan Knossos. Dalam pertarungan dengan sisa-sisa Evilus dan makhluk itu, aliansi familia telah memegang kendali dari awal hingga akhir. Mengikuti rencana blitzkrieg Finn, para petualang dan penyembuh dari semua faksi telah menyerbu sisa-sisa Evilus dan dengan mudah menghancurkan tanaman yang merupakan sumber monster berwarna cerah.

Tapi pada tahap akhir, tepat di puncak kemenangan penuh, meja telah berbalik pada mereka. Sejauh yang Finn ketahui, ekspresi itu bahkan tidak menggambarkan sejauh mana hal itu terjadi. Akan lebih akurat untuk mengatakan seluruh meja telah digergaji menjadi dua.

Dimulai dengan seruan dari daging yang tampaknya hidup. Massa mengerikan itu telah memenuhi lorong-lorong Knossos dalam sekejap mata, memangsa setiap petualang yang ditemukannya. Terperangkap dalam arus hijau yang memakan semua, Dionysus Familia telah dimusnahkan. Dan teman Lefiya telah menghadapi kematian yang mulia di depannya. Penuh dengan pertumbuhan hijau bahkan sekarang, Knossos telah berubah dari sarang iblis menjadi kastil iblis.

“Sedangkan untuk mereka yang berada di pihak Ouranos... Kami sudah melakukan kontak dengan Fels, tapi... dengan semua perkembangan ini, Fels juga tidak memiliki pemahaman yang baik tentang situasinya, kecuali bahwa itu mungkin seperti keajaiban roh...”

Finn melirik ke bawah pada item sihir oculus yang ditempatkan di atas meja.

Menurut Gareth, dewa pelindung para Evilus, Thanatos, telah mengatakan bahwa Knossos bukanlah sebuah benteng tetapi sebuah altar. Sebuah altar untuk pengorbanan.

Kembalinya dewa secara tiba-tiba telah memicu altar, yang semuanya merupakan bagian dari skema yang dibuat oleh pemimpin dan dalang sejati musuh—Enyo.

“Jika semuanya berjalan sesuai dengan rencana Enyo... Aku tidak bisa tidak bergidik. Itu berarti bukan hanya kita yang bisa dibuang—bahkan sisa-sisa Evilus juga. Musuh kita datang pada kita seperti dewa,” Riveria menyimpulkan dengan terus terang, kagum dan takut dalam suaranya.

“...Apa kau menyadari sesuatu, Finn?” tanya Gareth.

Finn terdiam sebelum mengutarakan pikirannya sendiri.

“...Aku tidak bisa melihat wajah. Bahkan ketika aku bersama Thanatos, aku bisa melihat ekspresinya saat dia menggerakkan pionnya... Tapi dengan Enyo, aku bahkan tidak bisa memahami niatnya di luar papan. Bahkan tidak sedikit pun dari mereka.”

“...”

“Jika Enyo berhasil mengaktifkan altar dengan merahasiakan semuanya—termasuk identitasnya yang sebenarnya——musuh adalah monster di luar imajinasi terliar kita. Riveria benar. Sejak awal, dia tidak pernah berniat untuk melakukan pertarungan yang nyata.”

Finn menggunakan bidak-bidaknya di atas papan dan kecerdikannya untuk menciptakan kemajuan yang sempurna. Tapi, sementara Finn bermain sesuai aturan, musuhnya berbuat curang, menarik pedang dari luar lapangan permainan dan menusukkannya ke papan. Enyo tidak hanya mencoba membunuh pion-pion Finn-tapi bahkan mencoba membunuh Finn, orang yang menggerakkan pion-pion itu juga.

“Dewa, ya...?”

Itu sudah memberikan perspektif yang berbeda dari manusia, nilai-nilai yang berbeda, yang mengarah ke pertempuran pandangan dunia yang berlawanan. Finn telah memenangkan pertandingan dan pertempuran. Namun pada akhirnya, sang dewa membuatnya seolah-olah pertempuran itu tidak pernah terjadi. Dan dia telah diliputi oleh perasaan yang tidak seperti apa pun yang pernah dia alami sebelumnya.

Finn tertawa—sebuah tawa yang diwarnai dengan penghinaan, pengetahuan yang diperoleh, dan militansi.

“....Bagaimanapun, tidak ada yang bisa kita lakukan kecuali melanjutkan. Kita harus membuat rencana untuk serangan kedua, yang harus kita menangkan dengan segala cara. Singkirkan rasa takut saat kita menantang Enyo sekali lagi,” kata Finn, mengucapkan janji dan keberanian untuk membangkitkan semangat Riveria dan Gareth—dan semangatnya sendiri.

Setelah mereka mengangguk setuju, mereka mulai mengungkap apa yang telah terjadi pada Knossos. Tapi ketika percakapan berlanjut, mereka menghadapi pertanyaan yang tak terhindarkan.

“Aku mengerti kalau musuh menggunakan roh yang rusak untuk menutupi semua Knossos. Tapi... lalu apa?”

Riveria adalah orang pertama yang mengungkapkannya dengan kata-kata. Rambut gioknya bergetar saat high elf itu mengerutkan alisnya pada hal yang tak bisa dijelaskan.

“Atas kehendak Thanatos, Enyo tidak bisa menghabisi kita. Kita yakin akan hal itu. Tapi apakah dia berniat untuk tetap bersembunyi di kastilnya sekarang?” tanya Gareth.

Dilapisi dengan daging hijau, Knossos tetap diam. Tidak ada tanda-tanda monster atau makhluk yang menyerang, apalagi demi-spirit.

Seperti yang dikatakan dwarf itu, aktivasi altar seharusnya menjadi rencana Enyo untuk mengakhiri ini semua. Sebuah rencana untuk membunuh semua Loki Familia, mereka yang berpotensi menjadi penghalang kehancuran Orario. Meskipun meleset dari targetnya, Enyo tidak bereaksi dengan cara apapun. Itu tidak menyenangkan, hampir.

“Finn, kau khawatir mereka mungkin memanggil demi-spirit di atas tanah... tapi tidak ada tanda-tanda itu. Apa musuh pura-pura menjadi lambat seperti kura-kura?”

“...” Komentar Gareth telah menggelitik telinga Finn saat ia menyelinap lebih dalam ke dalam pikirannya.

Meskipun mereka telah berhasil menutup daging hijau, pada akhirnya akan tiba saatnya aliansi akan menyerang Knossos lagi. Keheningan ini akan memancing aliansi untuk mencobanya.

Atau apakah itu tujuan musuh—mengundang mereka ke Knossos lagi? Atau apakah ada tujuan yang sama sekali berbeda? Tapi itu berarti...

Sejenak keheningan menyelimuti kantor saat semua orang menahan lidah mereka.

“...Kukira ini adalah satu-satunya petunjuk lain yang kita miliki.”

Finn menarik selembar perkamen dari laci meja. Itu menggambarkan monster yang merupakan gambaran dari naga jahat dan gadis-gadis yang mengelilinginya dalam sebuah cincin.

Itu telah dibuat sketsa dari ingatan dan dibagikan oleh Lefiya sebelum dia hancur. Itu adalah mural di dinding yang dia temui bersama Filvis ketika mereka bertemu Thanatos selama invasi pertama Knossos. Menurut Lefiya, Thanatos mengatakan bahwa mural itu adalah “sesuatu yang dibawa Enyo dari beberapa reruntuhan.” 

“Jika aku ingat dengan benar, itu Nidhogg, ya? Itu adalah naga di tengah.”

“Jika kita percaya cerita Thanatos.”

Gareth dan Riveria menatap sketsa yang tersebar di meja. Nidhogg dikatakan sebagai monster yang ada di Zaman Kuno. Ketika Lefiya memberinya sketsa itu, Finn telah menyelidikinya, tapi yang bisa dia temukan hanyalah bahwa itu diduga sebagai salah satu bencana tertua yang dilepaskan oleh Dungeon, bahkan sebelum Behemoth, Leviathan, atau Naga Hitam, target dari Tiga Misi Besar.

Tapi ini semua spekulasi, karena literatur terperinci tentangnya tidak dapat ditemukan, jadi itu hanya dugaan Finn berdasarkan kerangka waktu latar belakang. Menurut catatan minimal tentang Nidhogg, ia rupanya sangat kuat sehingga telah mendorong dunia ke dalam jurang keputusasaan. Ia cukup kuat sehingga orang-orang kuno tidak memiliki kesempatan untuk mengalahkannya sendiri.

Adapun bagaimana naga itu dikalahkan, tidak tercatat dalam dokumen sejarah apa pun. Semua yang Finn dapat temukan adalah “ketika cahaya jatuh, semua berakhir” dan “nyanyian doa anak-anak memurnikan naga jahat” dan abstraksi lain di sepanjang kalimat tersebut.

Dia sudah mencoba bertanya pada Loki apakah dia ingat sesuatu dari waktu itu.

“Oh ya. Aku tidak tahu banyak tentang itu. Semua orang di surga seperti, ‘Hal-hal yang semakin buruk di dunia fana,’ tapi itu ketika aku sibuk mencoba membunuh para dewa, jadi semuanya sedikit kacau. Jika aku ingat, beberapa dewa turun tangan sendiri dan meledakkannya, rupanya, tapi...”

Itulah sejauh mana tanggapannya.

Penggunaan Arcanum di dunia fana dilarang. Dan memilih untuk campur tangan bukanlah hal yang kecil. Jika pilar cahaya turun dari langit, itu akan mencungkil lubang lain di dunia fana selain Dungeon. Itulah yang diambil Finn dari ceritanya.

“Lefiya adalah orang yang melihat sketsa ini dan bercakap-cakap dengan Thanatos, tapi dia tidak dalam keadaan pikiran untuk bicara. Adapun temannya, Filvis Challia...” Riveria berkata, menjatuhkan nada suaranya, menundukkan matanya pada nasib yang menimpa sesama elf.

Finn menatap gambar itu lagi: naga hitam jahat Nidhogg di tengah. Dan para gadis yang mengelilinginya. Gadis-gadis itu memejamkan mata mereka, berpegangan tangan. Mereka bisa saja menjadi korban untuk sang naga atau gadis-gadis suci yang memanjatkan doa untuk menekan Nidhogg. Ada enam dari mereka.

Enam... Enam, ya? 

6 adalah angka yang tidak menyenangkan. Dengan mata yang menyipit, Finn merasa tidak nyaman memikirkan makna yang mendasarinya. Loki Familia memiliki potongan-potongan untuk menghubungkan mural kuno itu dengan situasi saat ini. Masalahnya adalah, jika segala sesuatunya berjalan seperti yang terjadi pada mural itu, apa yang akan terjadi pada akhirnya?

Finn menunda pemikiran itu, menyimpan jawaban yang samar-samar untuk dirinya sendiri. Ia memutuskan bahwa saat ini, ketika mereka sangat membutuhkan lebih banyak informasi, mereka tidak punya pilihan selain mengumpulkan semua petunjuk yang mereka bisa terkait dengan mural Nidhogg.

“...Apa Loki masih belum kembali?”

Ketika keheningan benar-benar menyelimuti ruangan, Riveria menoleh ke suatu tempat, seolah-olah mencari nasihat sang pelawak atau berharap untuk melihatnya. Finn dan Gareth juga melihat ke arah yang sama.

Tapi kursi dewi pelindung mereka kosong.


*


“—Apa kamu tidak mabuk, Loki?”

Itulah tanggapan pertama Hermes setelah mendengar ceritanya.

Mereka berada di kamar dewa di dalam rumah Hermes Familia. Sementara Finn sedang merencanakan, Loki telah diizinkan masuk ke dalam rumah Hermes, menghadapinya saat dia menatapnya lekat-lekat.

“Sudah kubilang. Aku serius dan tidak mabuk. Dengan kata lain, aku tidak bisa memikirkan orang lain yang bisa menjadi identitas Enyo.”

Loki tak berhenti berbicara sejak dia melangkahkan kakinya ke dalam rumah, menguraikan hipotesisnya tentang serangkaian peristiwa dan identitas sebenarnya dari perusak kota.

Hermes menutup mulutnya dan menatapnya, menyelidiki kehendak ilahinya. Mata oranye-nya tidak bisa menyembunyikan keterkejutannya. Dia biasanya seorang dewa yang menyendiri dan lembut, tapi sekarang, dia tampaknya dengan hati-hati meneliti deklarasi itu luar dan dalam.

“...Atas dasar apa? Mengatakannya dengan keras saja hampir membuatku tertawa. Apa kau memiliki bukti yang meyakinkan?” Hermes sengaja bercanda karena mereka berada dalam situasi ini.

Loki melihat ke belakangnya, di mana dewa Soma berdiri. Dia telah memaksanya untuk menemaninya.

Mencuri botol yang ada di tangannya, dia menuangkan segelas, memberikan Hermes secangkir anggur merah yang meluncur di pinggirannya, memperingatkannya dengan tatapan tajam untuk tidak meminumnya.

“Apa ini...? Tunggu, ini...?”

“Ya, Wine ilahi. Aku menemukannya di gudang wine Dionysus ketika aku sedang mencarinya dengan Soma.”

Mengangkat gelas ke wajahnya, Hermes mencium baunya. Dalam sekejap, dia menghancurkannya di lantai, menyebabkan gelas itu pecah dan genangan cairan merah berdarah menyebar. Cairan itu menguarkan aroma yang menyihir. Hermes memelototi pecahan kaca, tidak repot-repot menyembunyikan penghinaannya pada wine ilahi yang telah mencoba merayu pikirannya.

“Dengan ini, bahkan seorang dewa pun bisa terbuang... aku jamin itu,” kata Soma. Ada sedikit kegembiraan dan frustrasi dalam suaranya yang datar—keengganan untuk menerima seseorang yang telah menciptakan wine ilahi yang lebih baik dari miliknya dan rasa ingin tahu yang intens.

“...Tidak ada bukti. Dan teori Loki penuh dengan lubang. Tapi dengan wine ini... maka...” Hermes berbisik pada dirinya sendiri, setelah mendengar pidato Loki dan Soma.

Dia membiarkan dirinya tenggelam dalam lautan pikiran, menekan telapak tangannya di atas mulutnya, dan matanya menyipit saat dia berpikir lebih keras. Seolah-olah ia sedang menempatkan potongan puzzle yang hilang dan menguraikan adegan terakhir.

“...Aku mengerti.” Akhirnya, Hermes mengangkat kepalanya dan menjawab. “Aku akan mengikuti teorimu, Loki. Atau, lebih tepatnya, aku harus memeriksa kembali semuanya dengan potongan yang hilang yang kau temukan ini.”

Ini adalah jalan yang mengarah ke dalang. Dia memiliki kunci untuk membongkar tindakan Dionysus, yang telah mempertahankan perilaku mencurigakan. Hermes dengan cepat memindahkan persneling, memamerkan kelincahan mentalnya.

“Jadi apa yang kau ingin aku lakukan? Tidak mungkin kau datang ke sini untuk berbagi hipotesismu denganku, kan?”

“Penyelidikan rumah. Jika pikiran kita tepat sasaran, kita harus mendukungnya,” jawab Loki.

“Itu benar.”

Begitu mendengar jawaban Loki, Hermes mengangkat bahu dan mulai berjalan.

“Aku akan buat beberapa gerakan. Untuk mencari jawaban yang kau cari, Loki.”

Meninggalkan ruangan, ia memberi perintah kepada para pengikutnya yang menunggu di luar. Saat mereka melihatnya pergi, Loki menatap tangannya, tertinggal di kamar bersama Soma—menatap botol berisi wine merah.


*


“Geledah setiap sudut dan celah! Aku percaya kita bisa buat Guild dan Hermes-sama bertanggung jawab nanti!” Asfi menggonggong.

Dari langkah kaki yang liar dan suara benturan, kau akan membayangkan mereka sedang mengambil bagian dalam operasi pembobolan darurat. Mereka sedang menyelidiki—yang merupakan cara yang lebih baik untuk mengatakan “menguasai” bangunan.

Hermes Familia telah bergerak cepat. Tepat setelah permintaan Loki, mereka segera meninggalkan rumah mereka dan masuk ke rumah familia yang ditunjukkan.

“Percuma, Asfi! Ini cangkang rumah!”

“Tidak ada seorang pun di sini!”

“Gh...!” Asfi menggigit bibirnya mendengar laporan dari harimau perang Falgar dan chienthrope Lulune.

Manor itu tampak seolah-olah telah diobrak-abrik oleh pencuri. Rak-rak telah ditelanjangi; lautan perkamen dan dokumen berserakan di lantai, berserakan di atasnya dengan potongan-potongan barang antik yang rusak.

Tapi mereka tidak menemukan apa-apa—seolah-olah mereka diejek karena terlambat selangkah. Mendengar laporan dari anggota familia, Asfi bergegas menuruni tangga menuju area terakhir yang tersisa, bawah tanah. Ia melempar pintu ke ruang bawah tanah, bersama kru Falgar di belakangnya.

“Ugh...!”

“Apa aku... mencium bau darah?”

Asfi menatap pemandangan itu saat Lulune dan Falgar merintih.

Tidak ada yang istimewa tentang ruangan bawah tanah, sebuah ruang penyimpanan untuk buah-buahan dan sayuran... selain bau darah yang berbeda yang telah disebutkan Lulune—dan benda itu.

Di bagian belakang ruangan yang remang-remang, sekelompok glif merah yang tidak menyenangkan telah ditulis dengan darah di dinding—seolah-olah mengejek mereka. Seolah menantang mereka. Seolah mengutuk mereka.


BINASA, ORARIO. AKU AKAN MEMBUKA GERBANG KE DUNIA BAWAH.


Dengan kedua kepalan tangan yang mengepal, Asfi adalah satu-satunya orang di sana yang bisa menguraikan gumpalan hieroglif itu—sebuah tantangan dan pengakuan.

Dan kemudian ia melontarkan nama keluarga yang memiliki rumah ini.

“Demeter Familia...!”

Related Posts

Related Posts

Post a Comment