-->

Cari Blog Ini

You-Zitsu LN 2nd Year Vol 6

Youkoso Jitsuryoku Shijou Shugi no Kyoushitsu e Volume 6

Judul Jepang : ようこそ実力至上主義の教室へ
Inggris : Classroom of the Elite
Indonesia : Selamat Datang di Kelas Doktrin Kemampuan Elit
Volume : 6
Rilis : 25 Februari 2022
Genre : Drama
Author : Kinugasa Shōgo
Illustrator : Tomose Shunsaku

Sinopsis

“Hei Horikita-san. Bisakah kau mengatakan bahwa mempertahankan Kushida-san adalah tindakan yang paling tepat?”

Dampak dari Ujian Khusus Suara Bulat sangat besar, ada retakan besar di kelas Ayanokōji dkk. Kushida, Hasebe, dan Wang ketiganya absen selama beberapa hari berturut-turut. Rincian untuk Festival Olahraga telah diumumkan, tapi pertemuan menjadi kacau karena penolakan terhadap Horikita, dan kelas Ayanokōji bahkan tidak bisa mulai berlatih.
Apa yang seharusnya menjadi perolehan poin yang besar dan promosi ke kelas yang lebih tinggi bisa berubah menjadi hasil negatif. Horikita dan Hirata mulai mengambil tindakan untuk mengembalikan ketiga siswa itu ke dalam kelas, tapi....
Sementara itu, kemampuan individu akan berdampak besar pada festival olahraga tahun ini. Onodera menginginkan hasil terbaik dan mengajak Sudō untuk bertarung bersama——!?
“Aku tidak akan mengakuinya. Tidak peduli berapa banyak orang yang mengakui Horikita-san di masa depan, aku tidak akan pernah mengakuinya.”
Masa depan yang menanti akibat pilihan itu apakah cahaya ataukah kegelapan?

Terjemahan Indonesia
Diterjemahkan oleh : Luckser Rayne

Download Full PDF sertifikat v1.0 (Free)
Link : [GD]
Sertifikat [GD]
Password sertifikat : 1
Cara buka PDF bersertifikat [Di sini]

Full PDF v1.2 (Paid)
Password : [Kontak Admin]
Tanpa Sertifikat


Ilustrasi berwarna


Baca Online

Prologue

92 comments

  1. Wow cepet juga ya LN nyagak sabar ni ninggu animenya walaupun itu hanya ilusi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ilusi luh udah jadi kenyataan ngab

      Delete
    2. Wajarlah, gue saja kaget bukan kepalang pas dapet announcement pembuatan COTE Season 2 😔

      Delete
    3. Udah ga jadi khayalan bukan cuman season 2 tapi juga season3

      Delete
    4. bangunlah dari tidur panjang mu anak anak ,karena mimpi itu telah menjadi kenyataan

      Delete
  2. Pdhl udh H-sebulan, kok blm ada bocaran ilustarsi item putihnya dan covernya ya...?

    ReplyDelete
  3. Aku masih menunggu
    Bila rindu ini masih milikmu
    Kuhadirkan sebuah tanya untukmu
    Harus brapa lama aku menunggumu aku menunggumu

    ReplyDelete
  4. semangat bangg... kami masih setia menunggu

    ReplyDelete
  5. season 2 dikonfirmasi.... yayyyayayaya

    ReplyDelete
  6. Menyambut s2, kalau scene kei byk dipotong kyk s1 kemaren fix horikita di panggang massa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahaha ha bener banget sih, yg salah sih sebenernya directornya. Plot udah perfect malah diotak-atik. Fix season 2 harus diperbaiki total supaya Kei bersinar. Lucunya masih ada yg ngeship Kiyo ama Horikita, kan b*go

      Delete
    2. Kagak ada bagusnya tuh si Hori... Keras kepala, egois, tamak, dsb...

      tp yg paling w gk suka, gara² ketamakan dan kenaifannya si Ayano, muter balik strategi di akhir vol5... yg ngebuat dia jdi orang yg disalahin sma sbagian besar temannya; si sakura DO; dll... padahal udh dibantuin buat ngelancarin spesial tes, rencana DO Kushida...

      tp balik lagi, gara² Pemikiran nih Hori, masalahnya merembet krbawah..

      Delete
    3. Anime s2 nya tetep lanjut tanpa ada perubahan s1 nya, "the re-animation would never
      have been realized" kata kinu di afterword Y2V6.
      Horikita ini FMC mo digimanain tetep bakal bersinar ni chara, dan ni masih teori (dari monolog akhir divol6) horikita bisa aja jadi last boss. Cinta sejatinya mc bisa jadi horikita tapi mc masih belom paham soal perasaannya sendiri (yang jelas karuizawa buat bahan pembelajaran aja ? Entahlah).

      Delete
    4. Gak usah sok-sok nyebar spoiler. Kalian tu pada mikir gk sih kalo masih banyak pembaca yg nunggu buat baca ceritanya di sini?!
      Cinta sejati Horikita?! Tf is this sh't?! Jadi menurut teori lu semua relationship development antara Kiyotaka & Kei yg udah dibangun author nya dari awal sampai sekarang itu cuman buat fan service?! 💀

      Delete
    5. Ngk cuman Horikita aja yg bisa jadi last boss, bisa Ryuen, Arisu, dan Honami.

      Mengapa MC sebelumnya fokus develope Horikita daripada yg lainny? Karena Horikita perlu banyak hal yg dikembangkan sana-sini dibanding yg lain.

      Misal Ryuen, hanya perlu nasihat dan motivasi sudah cukup karna pada dasarnya kemampuan Ryuen tidak perlu diotak-atik lg karna lama2 berkembang sendiri.

      Arisu?? Sudah jelas kemampuanny ngk perlu dipertanyakan.

      Lalu si Honami, kemampuan mengendalikan kelas dan mempersatukan itu luar biasa dan lebih stabil mentalny daripada Hirata.

      Horikita?? Awalnya hanya berupa benih yang perlu dirawat agar tumbuh menjadi leader. Namany masih berkembang, y wajar membuat kesalahan dan menurut Ayano bukan masalah.

      Menurut gw sih agak susah memprediksi siapa yg jadi last boss, karna mereka kemampuan mereka berkembang dan keempat leader ini memiliki ciri khas dlm bertarung :)

      Delete
    6. Gw heran sama orang yg anti bngt sama Horikita. Emng knp kalo Airi dikeluarin dan Kushida dipertahankan? Judul LNnya aja Classroom of the Elite yg artinya kelas untuk orang² yg elite (実力) yg punya skill. Kalo chara kek Airi yg gk punya skill gk di DO justru jd menyimpang sama judulnya

      Delete
    7. Punya skill tapi kelas gk ada persatuan ya sama aja gk ada gunanya bambang.

      Emang knp kalo Airi dikeluarin?! Skrg coba gua tanya balik, kalo lu di posisi Haruka gimana perasaan lu?!

      Dan yg jadi masalah utamanya itu, si Horikita ini udah ngelanggar janjinya. Dia blg gk akan ngeluarin siapapun kecuali si pengkhianat. Tapi ujung2nya apa? Dia malah mertahanin Kushida 🤡

      Delete
    8. Berkhianat & melanggar janji udh bisa di series ini. Kebaikan Kushida lu mau abaikan aja karena dia berkhianat (dan itu pun bnyk yg gagal) gt?

      Trs kalo gw paham posisi Haruka knp? Buat apa?
      Haruka mau balas dendam juga suka² dia

      Kalo pertahanin Airi itu cuman buat saat ini bukan di masa depan. Mungkin aja next ujian dia dikeluarin, nah kalo gt damagenya makin gede buat kelas (kushida keluar + airi keluar).

      Dan juga di series ini tiap kelas awalnya ada 40 orang, dan gk mungkin juga debut sekaligus. Makanya perlu 'matiin' chara yg gk berperan penting kedepannya biar chara lainnya bisa nongol

      Delete
    9. *udh biasa di series ini

      Delete
    10. Udh biasa? Ini bukan cuma janji ke orang per orang njirr, tapi ke seluruh kelas! Impact nya bukan cuma 1-2 orang.

      Kebaikan Kushida? Maksud lu kebaikan palsu dibalik topeng badutnya itu? pftt... lu pikir dah berapa kali dia jual kelasnya sendiri cuma utk ngekick Horikita? Dan lu juga mau abaikan itu gitu aja mentang2 dia punya skill? Setidaknya Airi ini gk pernah membahayakan kelasnya apalagi nusuk kelasnya dari belakang, gk kyk si badut itu. Dan lu pikir siapa yg udah ngegagalin rencananya dan bikin dia gagal? Horikita? Kalo bukan karena Kiyo, Horikita ini cuma bisa plonga plongo.

      Buat apa? Jadi artinya lu cuma mikir Haruka ini sekedar tokoh sampingan yg gk penting. Lu tau kan kalo kelas mereka itu isinya orang2 yg punya masa lalu suram? Dan kita belum tau alasan sebenarnya kenapa Haruka ditempatin di kelas itu, (susah berteman dan bersosialisasi), apa cuma ini alasannya? Kalau menurut teori gua, Gimana jadinya kalau Haruka ini sama berbahayanya kyk Kushida, atau bahkan lebih buruk, lu gk pernah kepikiran ke situ kan? Ini artinya Horikita udah nyimpan parasit dan udah ngaktifin bom yg bisa meledak sewaktu-waktu.

      Kalo lu mau ngomongin masa depan, emang lu bisa jamin 100% Kushida ini gk akan ngerusak kelas lagi ke depannya? Hah?!

      Delete
    11. Emang lu bisa jamin juga 100% sakura bakal berguna di masa depan? Sedangkan kushida udh ngebuktiin dia berguna di vol ini waktu festival olahraga dengan ngumpulin anggota pakai topeng dia lagian ayano sendiri bilang kalau kushida itu partner terbaiknya hori, kalau masalah janji nya horikita guru nya sendiri bilang kalau "banyak orang dewasa yang mengingkari janjinya untuk hal lain" Jadi ya persetan sama janjinya. Sedangkan ayano yang pacaran ama kei malah hehehhe malas spoiler

      Delete
    12. Kenapa lu malah nanyain Sakura yg udah keluar mas bro, yg gua tanyain itu si Kushida dan lu gk bisa jawab.

      Delete
    13. Horikita + Kushida = 🤡 🤡

      Delete
    14. Atas lu ngomongin Airi karena paragraf terakhir lu

      "Kalo lu mau ngomongin masa depan, emang lu bisa jamin 100% Kushida ini gk akan merusak kelas lagi kedepannya? Hah?!"

      Kalimat "kalo lu mau ngomongin masa depan" artinya itu lebih ke arah [what if]. Nah itu komen di atas lu benar tentang nanyai character development Airi. Mungkin aja Airi bakal jd bidaknya Yagami karena persaan cinta sepihaknya.

      Balik ke Vol. 1 dimana Kushida membagikan lembar soal ujian 2 tahun lalu, kalo Kushida gk ngebagiin lembar ujian itu mungkin bnyk yg bakal dikeluarin selain Sudou dan juga kalo kek gt gk mungkin Kiyo 'beli' nilai buat Sudou dan character Sudou bakal lngsng 'mati' di Vol. 1

      Emng knp dgn kebaikan palsu? Memakai topeng? kalo lu gk suka sesuatu lu harus bilang lngsng aja gt? Bnyk kok yg kek gt di IRL. Terkadang lu harus menerima apa yg lu gk suka.

      Emng benar kata pepatah "1000 kebaikan akan hilang dengan 1 kesalahan"

      Juga kayaknya lu gk senang bgt Airi dikeluarkan

      Delete
    15. Kalo ngomongin masa lalu karakter gk akan ada habisnya, bakal ada beribu² [What If].

      Delete
    16. *kalo ngomongin teori masa lalu

      Delete
    17. Di kalimat terakhir itu yg gua fokuskan bkn masa depan Airi, toh dia udah drop out ya terus ngapain nerka2 masa depan dia. Dan gua gk nanyain ttg berguna ato gk bergunanya Kushida, yg gua maksud itu apa Kushida ini gk akan ngerusak kelas lagi ke depannya? Itu yg gua tanyain.

      Gua pribadi ya gk senang Airi dikeluarin, dan lu pikir cuma gua yg ngerasa kyk gitu? Itulah kenapa author nya menciptakan karakter Hasebe Haruka ini sebagai perwakilan para pembaca yg gk senang dengan keputusan Horikita.

      Kalo gua pribadi intinya "I just want to see Horikita suffers"

      Sekarang fakta yg udah kita tau :
      (1) Horikita ini bener2 serius menargetkan lulus sebagai siswa Kelas A.
      (2) Kita belum tau kapan Haruka bakalan menjalankan rencana balas dendamnya.

      Walaupun ini cuma teori, coba aja bayangin gimana jadinya kalau balas dendam Haruka ini terjadi di penghujung tahun ketiga saat kelas Horikita udah jadi Kelas A dan selisih poin mereka dengan Kelas B cuma tipis, dan di sinilah akhirnya si Haruka ini meledak dan Horikita gagal lulus sebagai siswa Kelas A. Coba bayangin seberapa besar mental damage yg bakalan dialami Horikita.

      Gua pribadi gk peduli siapa aja yg bakalan lulus dari Kelas A nantinya toh Kiyotaka & Kei gk peduli mereka bakalan lulus dari Kelas A ato gak.

      Delete
    18. Orang" goblok + pengangguran diatas gue pada debatin karya asing sampe emosi sama saudara sebangsa & setanah airnya���f� 1 kata buat kalian... GOBLOKKK wkwkwk

      Delete
    19. Padahal kita sebagai pembaca (apalagi ilegal) cukup mengikuti & menikmati perkembangan ceritanya aja udah cukup, dan kalaupun mau debat, ya sebisa mungkin jangan sampe kebawa emosi

      Delete
    20. Mungkin guenya aja yang terlalu berharap wkwk. Karna pada dasarnya manusia emang terlahir dari napsu (sperma + sel telur) makanya kadang logika & rasionalitasnya gak kepake wkwk

      Delete
    21. Gue tau kalo kalian gitu karna khilaf, gue gak bakalan kaget. Karna napsu/se* juga, pada dasarnya emang karna khilaf :v

      Delete
    22. Di saat lagi sedih karena mengetahui Kiyotaka punya pacar, Sakura mencoba untuk tidak sedih berkat Haruka dan Sakura pun mencoba memberanikan diri dan menunjukkannya pada Kiyotaka. Sakura pun mencoba bertemu dengan Kiyotaka setelah ujian khusus selesai untuk menunjukkan keberaniannya. Namun, sayang sebelum menunjukkan kerberaniannya, yang mana Sakura pasti sudah berjuang keras untuk menghilangkan sifat malunya, Sakura tidak bisa menunjukkannya karena ia sudah dikeluarkan dari sekolah.

      Inilah bagian yang ingin membuatku menangis. Saat Sakura sedang terpuruk, dia mulai merubah dirinya dan ingin menunjukkannya pada Kiyotaka, namun pada akhirnya semua sia sia gara gara dikeluarkan.

      Selebihnya aku paham perasaan Haruka. Bisa ngerasaain dah gimana sedihnya. Kayak seorang ibu yang melihat anaknya mulai tumbuh, tapi karena sebuah kecelakaan dia terpisah dengan anaknya.

      Yaa kayak gitulah, hahaha, enggak pandai kasih penjelasan juga tidak pandai kasih perumpamaan. Maap amburadul hingga butuh IQ tinggi buat memahami kata - kataku, hehe

      Peace

      Delete
    23. Bener juga ya, klo Haruka meledak nya di penghujung kelas 3 sih gawat bener.
      Bukan masalah meledak atau gak klo dia sampe kepikiran gitu mah mampus, lagian si Hori kan kelihatan bener ambisinya buat lulus sebagai kelas A. (Karena Bro-con nya)

      Klo dia mulai buat persiapan sekarang ngeri banget sih, nih novel kental bngt kerja sama nya ntah musuh atau teman. Klo dia mulai ngumpulin sekutu dari luar kelas dan dalam kelas mungkin pas meledak nya nanti bukan sekedar gk lulus sebagai A, mungkin malah beneran gk lulus sekolah atau di DO.

      Klo dia lebih ekstrim mungkin tujuannya jatuhin seluruh kelas, yg ini sih mungkin berhasil ya tpi klo tujuan se-ekstrim gitu bahkan klo gagal pas meledak pasti ada dampaknya, misalnya perlu mengorbankan beberapa orang buat menyelamatkan kelas.

      Bener kata yg di atas, masalah nya si Haruka ini belum kelihatan bakat nya bahkan secuil, monolog nya sampe sekarang aja cuma kehidupan sehari-hari nya aja.

      Delete
    24. "Klo dia lebih ekstrim....."

      *Gak mungkin berhasil maksudnya

      Delete
    25. Jadi gak tau apa yg ada di pikirannya

      Delete
    26. Klo masalah Main Heroine mah belum tau, lagian ini novel jepang.

      Klo novel China mah udah pasti itu si kei di nikahin, bukan masalah Main Heroine lagi udah jadi permaisuri .

      Yah klo yg suka baca romcom, romance remaja dan sejenisnya pasti Taulah.

      Selalu di tekanin bahwa cowok sma itu monster seksual bla BLA BLA..
      Dan yg di tulis di novel nya juga begitu

      Mungkin disini juga teori begituan juga di pake, lagian ini novel juga banyak banget plot twist nya terus di Kiyo juga lagi belajar katanya. Mungkin juga entar pindah-pindah terus akhirnya balik lagi ke kei( gw sih super jijik bngt am tipe cerita beginian ya)
      Atau mungkin juga sm si hori endingnya (klo yg ini sih lebih kont•l , gw santet author klo si kei smpe di jadiin mainan doang.
      Bercanda)

      Gw sih pengennya si Kiyo tamat, pergi jauh keluar negeri atau kemana terus hidup berdua sama kei merintis Karis masa depan nya bersama-sama.
      Punya anak

      WR buang aja, klo emang mau di ambil kepemimpinan nya ambil aja terus kasih staf acak mau ancur atau gimana terserah, yah klo realistis nya sih serahin aja ke Sakayanagi kepala sekolah.

      Delete
    27. Tpi klo mempertimbangkan kemajuan alur dan hubungan Kiyo sama kelompok ayanokouji kemungkinan Horikita x kiyo berkurang lagi.
      Ini bukan masalah berguna atau gk berguna, ini masalah emosi manusia.

      Mungkin saat Kiyo semakin memahami emosi emosi tentang yg namanya teman dia juga merasakan kebencian terhadap Hori?
      Mungkin gk sampai benci tpi saat Kiyo semakin memahami emosi, kemudian dia mengingat kembali semua yg dia lakuin buat airi mungkin gak bakal setenang sekarang

      yah sebenernya gk separah itu bukan berarti keluar terus hidup nya hancur juga sih, airi juga udah berubah gk terlalu tertutup dan pemalu kek dulu lagi.
      Bahkan klo dia gk lagi sekolah di sana, di sekolah elite dia pasti bahkan melangkah maju dan berhasil.
      Pelajaran nya gk cuma sedikit apalagi dari Kiyo, "lingkungan mengubah seseorang" apalagi klo lingkungan itu yg kamu sukai, mungkin saat dia menjalani hidupnya di luar secara gk sadar dia mulai berpikir seperti kiyo atau saat di berhadapan dengan masalah dia berpikir "apa yg akan di lakukan Kiyotaka jika dia berada di posisi ku?"
      Atau "Bagaimana Haruka akan bereaksi di saat seperti ini?"

      Ini bukan cuma hipotesis yah ini kenyataan yg gw alami sendiri
      Misalnya kadang pas ada sesuatu gw mikir "apa yg bakal di lakukan ayahku di saat seperti ini?"
      Atau "ibu akan memasak hidangan A atau Hidangan B di jam ini?"

      Delete
  7. Dilihat dari ilustrasinya kei banyak nih(semoga)

    ReplyDelete
  8. itu chapter 2 part 2 linknya rusak kah???

    ReplyDelete
  9. Semangat 🔥🔥min up-nya

    ReplyDelete
  10. Tlnya dah kelar min? Kalo uda mo ambil paid nih sekarang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belom itu bro, kalo udh pasti link yg GD sama ZS bisa dibuka.
      Nyante aja, ane juga nungguin kok

      Delete
  11. Password sertifikat vol 6 apa min

    ReplyDelete
  12. aku yakin admin nya bakal upload agak lama soalnya nge TL semua :v

    ReplyDelete
  13. Akhirnya d volume ini kiyo n kei seeeegs

    sumpah gua muak bnget sama bacot no jutsu nya horikita, bisa2 nya kushida yg ga suka bnget sama horikita bisa d yakinkn semudah itu cmn dngn bbrp khotbah singkat

    Pas tim horikita tnding voli sama tim ichika jg menang nya tim horikita kya d paksain bnget, fix anak emas author

    Kiyo n sakayanagi ngapain tuh dlm kamar brdua, mana kiyo ngedorong sakayanagi ke kasur trus pas kluar bilang "rahasia brsama"������

    Klau kiyo pindah kira2 bakal pindah ke kls mana ya? Feeling ku sih kyanya bakal ke kls ichinose

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sabar aja buat fans sakayanagi, sad sih r*ped tapi sans cuman 10 detik

      Delete
    2. Amasawa kalah karna baru pertama kali maen voli, next match 100% win amasawa

      Delete
    3. Itu horikita dah ceramahin kushida dari abis festival olahraga taun lalu, kushida ketrigger baru kali ini karna semua usaha selama ni buat DO horikita / ayanokoji gagal terus, jadi percuma ngusik mereka berdua. Horikita bakal trus melangkah maju sedangkan kushida menderita di masa depan yg panjang (masa setelah sma) kalo masih nurutin egonya.

      Delete
    4. Yah gue belum baca spoiler secara menyeluruh, tapi yah nggak seburuk itu juga sih untuk kasus Horikita ngebujuk Kushida. Walaupun perjuangan buat ngebujuknya terlalu singkat (dibandingkan Ryuuen yang butuh pemulihan sebanyak 4 volume), tapi yah tau sifatnya Kushida bagaimana. Dia udah nggak punya tempat lagi untuk "berteduh", udah nggak punya tempat aman lagi. Jadi mau nggak mau sama Horikita lah (toh alasan kenapa dia mau ngusir Horikita dan yang tau masa lalunya supaya tempat "berteduh" sekaligus "bermain" yang aman

      Delete
  14. Haruka absen krn shock airi DO gua ngerti, kushida yg rahasia kebongkar ga msuk skolah jg gua ngerti tp ini nih mii chan ga msuk skolah alasan nya ketahuan suka hirata ಠ_ಠ , konyol bnget ga sih,, udh jelas bnget dia suka hirata, ga d bongkar kushida jg orng2 udh pada tau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang agak gimana ya, wkwk. Asumsi gw sih ada dampak lain yg lebih besar karena ketahuan (misal diterror sama fans Hirata) atau ada masalah lain yang tidak ada hubungannya dengan "suka sama Hirata". who knows 🤔

      Delete
    2. Itu mental dia ngab ga kuat tiap mo siap berangkat sekolah, jangan sama ratain semua orang sama.

      Delete
    3. Gw kan ngk tahu sebelum baca LNny, lagipula mii chan jarang muncul di LN dan genreny psychology thriller kan? Ngk salah don' mengasumsi seperti itu..

      Delete
    4. *ralat, genre psychological bukan pyschological thriller

      Delete
  15. Somewhat reluctant when reading Kiyopon will leave the class he had built himself to fight alone.

    ReplyDelete
    Replies
    1. I hope mc would join ichinose's class because in previous vol he said would gave kind of help ichinose before she falling down. (Who knows)

      Delete
  16. Yang full volume 6 harga berapa?

    ReplyDelete
  17. Emang bener ya nanti sato jadi penghianat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belom pasti, yg jelas udah di hasut ama adek kelas buat nyingkirin karuizawa tapi sato masi bingung nerima apa nolak tawaran itu.

      Delete
  18. mau nanya nih, min yg paid sma free apa aja sih bdanya selain berbayar? trus klau byarpun brp sma apa kelebihanny klau versi paid

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang paid lebih cepet daripada free, sama ilustrasinya kerasa lebih hd/bagus tampilannya. Kalo harga sih dulu ane paid vol 5 35k

      Delete
  19. Still waiting.. Tumben lama bgt min updetnyahh....
    Semangatt minn....

    ReplyDelete
  20. Min gw download harusnya ada pdf lalu masukin PW setalah buy kan, itu gw download tp rar nya kosong, gaada pdf nya

    ReplyDelete
  21. Kiyotaka MC yang hampir sempurna. Kebanggaan gua emang 😂😂😂

    ReplyDelete
  22. Semangat TL nya, min!!! Btw ini kapan update nya?

    ReplyDelete
  23. Kalian sadar gak sih, yg mempertahankan kushida bukan horikita, tapi authornya. Jd kalo mau protes, marah, nanya alasannya ya me orng yg bikin ni LN

    ReplyDelete
  24. bab 2 part 3 masih ada lanjutannya gak ya?

    ReplyDelete
  25. Tolong buat page khusus buat jadwal release vol berikutnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setiap 4 bln rilis 1 vol, jadi kemungkinan sekitar akhir juni baru keluar vol 7 (blm tl)

      Delete
  26. Min link Drive yang free ga bisa!!!!!!!!!!!!!!!

    ReplyDelete